Jumat, 21 Jun 2024
  • Selamat datang di website SMA Negeri 1 Pati.

Tujuan SMA Negeri 1 PATI

Tujuan Umum

Adapun tujuan umum sekolah adalah:

Menjadikan peserta didik SMA Negeri 1 Pati berakhlak mulia dalam segala tindakan, religius, jujur, berpikir ilmiah, inovatif, kreatif, profesional, berkompetensi tinggi, bersikap demokratis, toleran, dan mengenal serta menghargai ragam budaya daerah, nasional, dan global sehingga dapat menghasilkan lulusan yang cinta tanah air, unggul, berbudi pekerti luhur dan mampu berkompetisi di tingkat regional, nasional, dan internasional.

Tujuan Khusus

  1. Menghasilkan lulusan yang jujur, berakhlak mulia, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, dan cinta tanah air
  2. Menciptakan peserta didik yang religius, sehat jasmani rohani, sejahtera lahir batin, demokratis dan profesional
  3. Mewujudkan pendidikan yang bermutu, kompeten, dan terjangkau masyarakat
  4. Menghasilkan peserta didik yang unggul serta mampu kompetisi, di tingkat regional, nasional dan internasional
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.
  6. Mencetak peserta didik yang gemar meneliti untuk menghasilkan karya orisinil, inovatif, bermakna, berdampak, serta bermanfaat bagi masyarakat dan linkungan.
  7. Mewujutkan peserta didik yang mampu berpikir cerdas dan luas sehingga dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi serta merupakan pengalaman hidup yang bermakna.
  8. Menciptakan peserta didik yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya daerah dan nasional yang luhur dengan biaya yang dapat dijangkau oleh masyarakat.
  9. Mewujudkan rasa toleransi, disiplin, saling menghargai, percaya diri sehingga terbentuk sikap peserta didik yang santun dan berbudi pekerti luhur.
  10. Mewujutkan peserta didik bersemangat kebangsaan yang berlandaskan nilai-nilai budaya bangsa serta sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Strategi Untuk Mencapai Tujuan

  1. Mendorong dan membantu setiap peserta didik untuk mengenali potensi dirinya, dengan cara melaksanakan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik berkembang secara optimal, memiliki prestasi akademik dan non akademik serta memiliki kecakapan hidup.
  2. Melaksanakan pembinaan karakter dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk mendidik budi pekerti luhur dan penghayatan nilai-nilai budaya guna membentuk peserta didik yang berkarakter bekerja sama dengan tenaga profesional yaitu TNI Angkatan Darat.
  3. Peserta didik diwajibkan melaksanakan janji peserta didik berkarakter melalui pembiasaan tingkah laku, sikap maupun ucapan dalam sehari-hari di sekolah.
  4. Melaksanakanprogram 5 S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun ).
  5. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan beretika moral yang luhur sehingga menjadi sumber kearifan dan kebijakan dalam bertindak melalui kegiatan-kegiatan keagamaan dan social (ketaqwaan)
  6. Membudayakan jargon ‘R E S P E C T’, yang berarti bahwa warga sekolah harus memiliki kepedulian terhadap Sumber Daya yang ada di sekolah (Resources), Usaha (Effort), Diri Sendiri (Self), Teman (Pals), Lingkungan (Environment), Masyarakat (Community), dan Guru (Teacher). Sehingga tercipta budaya sekolah yang berlandaskan budi pekerti luhur serta meningkatkan partisipasi dalam menegakkan aturan-aturan sosial, kedisiplinan, kerapihan dan keindahan. (budi pekerti)
  7. Menumbuhkan dan meningkatkan jiwa dan semangat kebangsaan yang mengarah pada jiwa patriotisme dan nasionalisme dan bangga menjadi warga negara Indonesia melalui kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara di setiap awal tahun ajaran baru, pemasangan simbol-simbol kenegaraan dan gambar pahlawan, serta pemutaran lagu-lagu nasional setiap pagi.(nasionalisme)
  8. Menumbuhkan sikap jujur, adil, dan obyektif melalui proses pembelajaran sehari-hari di kelas dengan menumbuhkan budaya kooperatif dan kompetitif
  9. Menumbuhkan jiwa keteladanan yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain melalui kegiatan keagamaan dan sosial seperti donor darah, zakat, serta kegiatan amal setiap jumat.
  10. Menumbuhkan jiwa dan semangat untuk melakukan penelitian melalui kegiatan penelitian ilmiah.
  11. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kegiatan kepeserta didikan.
  12. Meningkatkan kualitas pola pikir global menuju tercapainya mutu pendidikan setara internasional melalui kegiatan pembelajaran berbasis IT, lomba KSN, lomba K2SN, lomba FLS2N, serta lomba debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Ani' Bariroh
Author: Ani' Bariroh

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR